BAB I
PENDAHULUAN
Agama
Islam adalah suatu sistem nilai yang paling mapan dalam sejarah agama
di dunia. Dalam menjalani kandungan ajaran tersebut maka Allah SWT telah
menjanjikan dua hal sebagai balasan atas apapun yang menjadi tindakan
umat manusia. Pahala (balasan baik) adalah bagi mereka yang beramal
shalih. Dan dosa (balasan buruk) akan berbuah siksa bagi mereka yang
melakukan tindak kemaksiatan. Kedua konsekuensi tersebut adalah bukti
bagi ke-Maha Adilan Allah SWT .
Bagi umat Islam setidaknya terdapat sepuluh aktivitas yang menjadi larangan utama. Adapun balasan bagi semua dosa hanyalah satu, yaitu siksa yang sangat pedih. Neraka adalah suatu lembah isolasi bagi mereka yang berdosa di dalam hidupnya. Neraka adalah mimpi buruk bagi setiap manusia yang berlumuran dosa. Dan mereka abadi didalamnya.
Bagi umat Islam setidaknya terdapat sepuluh aktivitas yang menjadi larangan utama. Adapun balasan bagi semua dosa hanyalah satu, yaitu siksa yang sangat pedih. Neraka adalah suatu lembah isolasi bagi mereka yang berdosa di dalam hidupnya. Neraka adalah mimpi buruk bagi setiap manusia yang berlumuran dosa. Dan mereka abadi didalamnya.
Syaikh
Al-Imam Al-Hafizh Syamsudin al-Dzahabi rahimahullah di dalam kitabnya
Al-Kabaa’ir telah menyebutkan rating dosa-dosa di dalam agama Islam.
Beliau memetakan urutan dosa-dosa yang utama tersebut sebagaimana
deskripsi berikut ini:
1. As-Syirku biLlah.
2. Membunuh Jiwa
3. Sihir
4. Meninggalkan Shalat.
5. Menahan Penunaian Zakat.
6. Tidak Berpuasa Ramadhan Tanpa Adanya Udzur.
7. Tidak Melakukan Haji dalam Kecukupan Harta.
8. Durhaka kepada Kedua Orang Tua.
9. Bersengketa dengan Kerabat.
10. Berzina.
2. Membunuh Jiwa
3. Sihir
4. Meninggalkan Shalat.
5. Menahan Penunaian Zakat.
6. Tidak Berpuasa Ramadhan Tanpa Adanya Udzur.
7. Tidak Melakukan Haji dalam Kecukupan Harta.
8. Durhaka kepada Kedua Orang Tua.
9. Bersengketa dengan Kerabat.
10. Berzina.
B. Penegasan Islam Tentang Zina
Ayat-ayat Al-Qur’an dibawah ini merupakan hukum yang menyatakan
secara tegas bahwa islam mengharamkan zina.
1. “(Ini
adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan
hukum-hukum yang ada di dalam)nya, dan Kami turunkan di dalamnya
ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya”.(QS. An-Nur : 1)
2. “Perempuan
yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap
seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan
kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika
kamu beriman kepada Allah, dan hari akherat, dan hendaklah
(pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari
orang-orang yang beriman”.(QS. An-Nur : 2)
3. “Laki-laki
yang berzina tidak menikahi melainkan perempuan yang berzina, atau
perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dinikahi
melainkan oleh laki-laki yang berzina, atau laki-laki musyrik, dan yang
demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min” .(QS. An-Nur : 3)
4. “Dan
orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina)
dan mereka tidak mendatangkan empat orang-orang saksi, maka deralah
mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu
terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah
orang-orang yang fasik”.(QS. An-Nur : 4)
5. “Sesungguhnya
orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah
lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la’nat di dunia dan akhirat,
dan bagi mereka azab yang besar”(QS. AN-Nur : 23)
6. “Wanita-wanita
yang tidak baik adalah untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki
yang tidak baik adalah buat wanita-wanita yang tidak baik (pula), dan
wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki
yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang di
tuduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka. Bagi mereka
ampunan dan rezki yang mulia (yaitu surga)” .(QS. An-Nur : 26)
7. “Dan
janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu
perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk”.(QS. Al-Isra : 32)
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
Zina (الزنا ) adalah persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang perempuan tanpa nikah yang sah mengikut hukum syarak (bukan pasangan suami isteri) dan kedua-duanya orang yang mukallaf, dan persetubuhan itu tidak termasuk dalam takrif (persetubuhan yang meragukan). Jika seorang lelaki melakukan persetubuhan dengan seorang perempuan, dan lelaki itu menyangka bahawa perempuan yang disetubuhinya itu ialah isterinya, sedangkan perempuan itu bukan isterinya atau lelaki tadi menyangka bahawa perkahwinannya dengan perempuan yang disetubuhinya itu sah mengikut hukum syarak, sedangkan sebenarnya perkahwinan mereka itu tidak sah, maka dalam kasus ini kedua-dua orang itu tidak boleh didakwa dibawah kes zina dan tidak boleh dikenakan hukuman hudud, kerana persetubuhan mereka itu adalah termasuk dalam wati’ subhah iaitu persetubuhan yang meragukan.
Mengikut peruntukan hukuman syarak yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadith yang dikuatkuasakan dalam undang-undang Qanun Jinayah Syar’iyyah bahawa orang yang melakukan perzinaan itu apabila sabit kesalahan di dalam mahkamah wajib dikenakan hukuman hudud, iaitu disebat sebanyak 100 kali sebat. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang bermaksud: “ Perempuan yang berzina dan lelaki yang berzina, hendaklah kamu sebat tiap-tiap seorang dari kedua-duanya 100 kali sebat, dan janganlah kamu dipengaruhi oleh perasaan belas kasihan terhadap keduanya dalam menjalankan hukum Agama Allah, jika benar kamu beriman kepada Allah dan hari Akhirat, dan hendaklah disaksikan hukuman siksa yang dikenakan kepada mereka itu oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman”. (Surah An- Nur ayat 2)
Zina (الزنا ) adalah persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang perempuan tanpa nikah yang sah mengikut hukum syarak (bukan pasangan suami isteri) dan kedua-duanya orang yang mukallaf, dan persetubuhan itu tidak termasuk dalam takrif (persetubuhan yang meragukan). Jika seorang lelaki melakukan persetubuhan dengan seorang perempuan, dan lelaki itu menyangka bahawa perempuan yang disetubuhinya itu ialah isterinya, sedangkan perempuan itu bukan isterinya atau lelaki tadi menyangka bahawa perkahwinannya dengan perempuan yang disetubuhinya itu sah mengikut hukum syarak, sedangkan sebenarnya perkahwinan mereka itu tidak sah, maka dalam kasus ini kedua-dua orang itu tidak boleh didakwa dibawah kes zina dan tidak boleh dikenakan hukuman hudud, kerana persetubuhan mereka itu adalah termasuk dalam wati’ subhah iaitu persetubuhan yang meragukan.
Mengikut peruntukan hukuman syarak yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadith yang dikuatkuasakan dalam undang-undang Qanun Jinayah Syar’iyyah bahawa orang yang melakukan perzinaan itu apabila sabit kesalahan di dalam mahkamah wajib dikenakan hukuman hudud, iaitu disebat sebanyak 100 kali sebat. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang bermaksud: “ Perempuan yang berzina dan lelaki yang berzina, hendaklah kamu sebat tiap-tiap seorang dari kedua-duanya 100 kali sebat, dan janganlah kamu dipengaruhi oleh perasaan belas kasihan terhadap keduanya dalam menjalankan hukum Agama Allah, jika benar kamu beriman kepada Allah dan hari Akhirat, dan hendaklah disaksikan hukuman siksa yang dikenakan kepada mereka itu oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman”. (Surah An- Nur ayat 2)
B. PENGGOLONGAN ZINA TERBAGI MENJADI DUA :
1. ZINA MUHSAN
Yaitu lelaki atau perempuan yang telah pernah melakukan persetubuhan
Yaitu lelaki atau perempuan yang telah pernah melakukan persetubuhan
yang halal (sudah pernah menikah) .
Perzinaan yang boleh dituduh dan didakwa dibawah kesalahan Zina Muhsan
ialah lelaki atau perempuan yang telah baligh, berakal, merdeka dan telah
pernah berkahwin, iaitu telah merasai kenikmatan persetubuhan secara
halal.
2. ZINA BUKAN MUHSAN
Yaitu lelaki atau perempuan yang belum pernah melakukan persetubuhan
2. ZINA BUKAN MUHSAN
Yaitu lelaki atau perempuan yang belum pernah melakukan persetubuhan
yang halal (belum pernah menikah).
Penzinaan yang tidak cukup syarat-syarat yang disebutkan bagi perkara diatas
Penzinaan yang tidak cukup syarat-syarat yang disebutkan bagi perkara diatas
tidak boleh dituduh dan didakwa dibawah kesalahan zina muhsan, tetapi
mereka itu boleh dituduh dan didakwa dibawah kesalahan zina bukan
muhsan mengikut syarat-syarat yang dikehendaki oleh hukum syarak.
C. HUKUMAN BAGI ORANG YANG MELAKUKAN ZINA
1. Seseorang
yang melakukan zina Muhsan, sama ada lelaki atau perempuan wajib
dikenakan keatas mereka hukuman had (rejam) Yaitu dibaling dengan batu
yang sederhana besarnya hingga mati. Sebagaimana yang dinyatakan di
dalam kitab I’anah Al- Thalibin juzuk 2 muka surat 146 yang bermaksud :
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina muhsan wajib dikenakan keatas mereka had (rejam), iaitu dibaling dengan batu yang sederhana besarnya sehingga mati ””.
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina muhsan wajib dikenakan keatas mereka had (rejam), iaitu dibaling dengan batu yang sederhana besarnya sehingga mati ””.
2. Seseorang
yang melakukan zina bukan muhsan sama ada lelaki atau perempuan wajib
dikenakan ke atas mereka hukuman sebat 100 kali sebat/cambuk dan di
buang keluar negeri/diasingkan selama setahun sebagaimana terdapat di
dalam kitab Kifayatul Ahyar juzuk 2 muka surat 178 yang bermaksud :
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina bukan muhsin wajib dikenakan keatas mereka sebat 100 kali sebat dan buang negeri selama setahun””.
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina bukan muhsin wajib dikenakan keatas mereka sebat 100 kali sebat dan buang negeri selama setahun””.
3. Perempuan-perempuan
yang dirogol atau diperkosa oleh lelaki yang melakukan perzinaan dan
telah dukung dengan bukti –bukti yang diperlukan oleh hakim dan tidak
menimbulkan sebarang keraguan dipihak hakim bahawa perempuan itu
dirogol dan diperkosa, maka dalam kasus ini perempuan itu tidak boleh
dijatuhkan dan dikenakan hukuman hudud,dan ia tidak berdosa dengan
sebab perzinaan itu.
4. Lelaki
yang merogol atau memperkosa perempuan melakukan perzinaan dan telah
ditetapkan kesalahannya dengan bukti – bukti dan keterangan yang
dikehendaki oleh hakim tanpa menimbulkan keraguan dipihak hakim, maka
hakim hendaklah menjatuhkan hukuman hudud keatas lelaki yang merogol
perempuan itu, iaitu wajib dijatuhkan dan dikenakan ke atas lelaki itu
hukuman rejam dan sebat.
5. Perempuan-perempuan
yang telah disebutkan oleh hakim bahawa ia adalah dirogol dan
diperkosa oleh lelaki melakukan perzinaan, maka hakim hendaklah
membebaskan perempuan itu dari hukuman hudud (tidak boleh direjam dan
disebat) dan Allah mengampunkan dosa perempuan itu di atas perzinaan
secara paksa itu.
D. PERMASALAHAN ZINA DI SEKITAR KITA
Media elektronik seperti
televisi, internet, CD player, komputer dan sebagainya termasuk menjadi
sebab utama krisis moral bangsa ini. Teknologi telah disalah gunakan.
Pornografi dan pornoaksi sangat mudah diakses di internet. Tontonan
film dan sinetron yang tidak syar’i dan tidak mendidik menghiasi chanel
televisi kita. VCD/DVD porno beredar dimana-mana.
Menjamurnya buku dan bacaan
cabul sangat efektif menghancurkan moral pembacanya, baik novel, komik,
maupun majalah yang mengandung pornografi dan pornoaksi. Semua sarana
ini menjurus terjadinya zina.
Pergaulan bebas di sepanjang
jalan protokol ibu kota negeri syariat dengan dalih makan burger ikut
mewarnai maksiat malam di lingkungan kita. Kafe-kafe yang menjamur
tanpa ada pemisahan tempat duduk antara laki-laki dan perempuan yang
non muhrim. Sementara Pemerintah hanya diam saja menjadi penonton
budiman tanpa ada tindakan tegas, seakan “mengamini” kondisi maksiat
ini.
Tidak peduli, baik pelaku
zina itu berstatus suami atau istri, mahasiswa, pejabat, dan
sebagainya. Perbuatan zina nekad dilakukan hanya untuk memuaskan nafsu
birahi sesaat. Anehnya, pelaku maksiat ini masih berkeliaran di sekitar
kita dengan tenang tanpa ada sanksi yang tegas terhadap mereka. Dengan
dalih suka sama suka, merekapun terbebas dari jeratan hukum KUHP yang
merupakan produk hukum kolonial Belanda.
Hal ini dapat berefek
negatif terhadap imej orang luar tentang penerapan syariat itu sendiri,
dan membuka celah bagi orang “anti syariat” untuk menyerang syariat.
Padahal yang salah adalah oknum (orang)nya, bukan sistem syariat yang
berorientasi mendatangkan kemaslahatan bagi manusia dan menghilangkan
kemudharatan dalam konteks individu maupun sosial.
E. PENYEBAB MARAKNYA ZINA
Banyak faktor yang
menyebabkan maksiat ini “tumbuh subur” di negeri kita ini. Faktor yang
utama adalah lemahnya Iman masyarakat saat ini. Krisis iman ini
disebabkan kita telah jauh dari pendidikan dan pengamalan nilai-nilai
Islam. Pendidikan kita selama ini, sejak usia dini sampai tingkat
universitas telah membentuk paradigma bahwa dunia adalah
segala-galanya, tanpa ada prioritas terhadap agama (iman) dan moral
(akhlak). Kita dididik untuk berlomba-lomba mengejar kemewahan dunia
(harta, pangkat dan jabatan). Padahal Allah Swt telah mengingatkan kita:
“Dan apa saja (kekayaan, jabatan dan
keturunan) yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup
duniawi dan perhiasannya, sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih
baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti? (QS. Al-Qashah: 60).
Selain itu,
faktor media elektronik seperti televisi, internet, CD player, komputer
dan sebagainya termasuk menjadi sebab utama krisis moral bangsa ini.
Teknologi telah disalah gunakan. Pornografi dan pornoaksi sangat mudah
diakses di internet. Tontonan film dan sinetron yang tidak syar’i dan
tidak mendidik menghiasi chanel televisi kita. Begitu juga VCD/DVD
porno beredar dimana-mana. Media cetakpun memberi andil yang besar
terhadap pemikiran dan moral pembaca. Menjamurnya buku dan bacaan cabul
sangat efektif menghancurkan moral pembacanya, baik novel, komik,
maupun majalah yang mengandung pornografi dan pornoaksi. Semua sarana
ini menjurus terjadinya zina.
Selain itu, kita sendiri
telah memberikan peluang untuk maksiat ini. Kita membiarkan remaja kita
(yang belum menikah) berkhalwat dengan pacaran, jalan dua-duaan, dan
berboncengan motor. Pergaulan bebas di sepanjang jalan protokol ibu
kota negeri syariat dengan dalih makan burger ikut mewarnai maksiat
malam di negeri ini. Kafe-kafe yang menjamur tanpa ada pemisahan tempat
duduk antara laki-laki dan perempuan yang non muhrim. Pakaian para
wanita pun mengundang birahi lawan jenisnya (ketat, tipis dan nampak
aurat). Sementara Pemerintah hanya diam saja menjadi penonton budiman
tanpa ada tindakan tegas, seakan “mengamini” kondisi maksiat ini.
F. SOLUSI PERMASALAHAN ZINA.
Islam adalah agama
fitrah yang mengakui keberadaan naluri seksual. Di dalam Islam,
pernikahan merupakan bentuk penyaluran naluri seks yang dapat
membentengi seorang muslim dari jurang kenistaan. Maka, dalam masalah
ini nikah adalah solusi jitu yang ditawarkan oleh Rasulullah saw sejak
14 abad yang lampau bagi gadis/perjaka.
Selain itu, penerapan
syariat Islam merupakan solusi terhadap berbagai problematika moral ini
dan penyakit sosial lainnya. Karena seandainya syariat ini diterapkan
secara kaffah (menyeluruh dalam segala aspek kehidupan manusia) dan
sungguh-sungguh, maka sudah dapat dipastikan tingkat maksiat khalwat,
zina, pemerkosaan dan kriminal lainnya akan berkurang drastic, seperti
halnya di Arab Saudi. Survei membuktikan, kasus kriminal di Arab Saudi
paling sedikit di dunia.
Orang tua pun sangat
berperan dalam pembentukan moral anaknya dengan memberi pemahaman dan
pendidikan islami terhadap mereka. Orang tua hendaknya menutup peluang
dan ruang gerak untuk maksiat ini dengan menyuruh anak gadisnya untuk
berpakaian syar’i (tidak ketat, tipis, nampak aurat dan menyerupai
lawan jenis). Memberi pemahaman akan bahaya pacaran dan pergaulan
bebas. Dalam konteks kehidupan masyarakat, tokoh masyarakat dapat
memberikan sanksi tegas terhadap pelaku zina sebagai preventif
(pencegahan). Jangan terlalu cepat menempuh jalur damai “nikah”, sebelum
ada sanksi secara adat, seperti menggiring pelaku zina ke seluruh
kampung untuk dipertontonkan dan sebagainya. Selain itu, majelis ta’lim
dan ceramah pula sangat berperan dalam mendidik moral masyarakat dan
membimbing mereka.
Begitu pula sekolah,
dayah dan kampus sebagai tempat pendidikan secara formal dan informal
mempunyai peran dalam pembentukan moral pelajar/mahasiwa. Dengan
diajarkan mata pelajaran Tauhid, Al-Quran, Hadits dan Akhlak secara
komprehensif dan berkesinambungan, maka para pelajar/mahasiswa
diharapkan tidak hanya menjadi seorang muslim yang cerdas
intelektualnya, namun juga cerdas moralnya (akhlaknya).
Peran Pemerintah dalam
amal ma’ruf nahi munkar mesti dilakukan. Pemerintah diharapkan
mengawasi dan menertibkan warnet-warnet, salon-salon, kafe-kafe dan
pasangan non-muhrim yang berboncengan. Karena, bisa memberi celah dan
ruang untuk maksiat ini. Mesti ada tindak pemblokiran situs-situs porno
sebagaimana yang diterapkan di Negara Islam lainnya seperti Arab
Saudi, Iran, Malaysia dan sebagainya.
Pemerintah hendaknya
bersungguh menegakkan syariat Islam di Bumi Serambi Mekkah ini, dengan
membuat Qanun-Qanun yang islami, khususnya Qanun Jinayat (hukum pidana)
dengan sanksi yang tegas, demi terciptanya keamanan, kenyamanan dan
ketentraman di negeri ini. Di samping itu, konsep pendidikan Islami
mesti segera dirumuskan dan diterapkan. Sebagai solusi atas kegagalan
dan kelemahan sistim pendidikan selama ini yang tidak mendidik moral
generasi bangsa. Tidak ada pilihan lain, pendidikan Islami sudah
menjadi pilihan dan priotitas seperti yang diamanatkan dalam renstra
Qanun pendidikan untuk segera diterapkan dan juga merupakan solusi
terhadap permasalahan moral generasi bangsa
BAB III
KESIMPULAN
1. Dalam agama islam Allah
SWT telah menjanjikan dua hal sebagai balasan atas apapun yang menjadi
tindakan umat manusia. Pahala (balasan baik) adalah bagi mereka yang
beramal shalih. Dan dosa (balasan buruk) akan berbuah siksa bagi mereka
yang melakukan tindak kemaksiatan.
2. Di dalam al-qur’an Allah SWT banyak berfirman dan menjelaskan tentang larangan zina.
3. Zina
adalah persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang
perempuan tanpa nikah yang sah menurut hukum islam. Zina dibagi dua
yaitu zina muhsan dan bukan muhsan.
4. Seseorang
yang melakukan zina Muhsan, wajib dikenakan keatas mereka hukuman had
(rejam) Yaitu dilempar dengan batu yang sederhana besarnya hingga
mati,sedangkan yang bukan muhsan harus di cambuk sebanyak seratus kali
cambukan.
5. Faktor utama maraknya zina adalah lemah iman di Negara kita ini, serta pengaruh kemajuan teknologi.
6. Cara
mencegah zina yang paling utama adalah menyegrakan menikah bagi yang
sudah mampu,serta dengan mengembangkan syariat islam di negeri ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://alislamu.com/content/view/326/22/
http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/1673.pdf
http://www.icrawl.org/4319731991-pengertian-dan-hukum-zina
http://www.harian-aceh.com/fokus/1824-maraknya-zina-di-negeri-syariat.html
Prof.Dr.M.Mutawalli Asy-Sya’rawi. 2000. Dosa Dosa Besar . gema insane press. Jakarta.
USt. Drs. Moh. Saifulloh Al Aziz S. 2002. Fiqih Islam Lengkap pedoman hukum ibadah umat islam dengan berbagai permasalahannya. Terbit terang. Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar