BAB   I
PENDAHULUAN
Agama  
Islam adalah suatu sistem nilai yang paling mapan dalam sejarah agama  
di dunia. Dalam menjalani kandungan ajaran tersebut maka Allah SWT telah
  menjanjikan dua hal sebagai balasan atas apapun yang menjadi tindakan 
 umat manusia. Pahala (balasan baik) adalah bagi mereka yang beramal  
shalih. Dan dosa (balasan buruk) akan berbuah siksa bagi mereka yang  
melakukan tindak kemaksiatan. Kedua konsekuensi tersebut adalah bukti  
bagi ke-Maha Adilan Allah   SWT .                                  
Bagi umat Islam setidaknya terdapat sepuluh aktivitas yang menjadi larangan utama. Adapun balasan bagi semua dosa hanyalah satu, yaitu siksa yang sangat pedih. Neraka adalah suatu lembah isolasi bagi mereka yang berdosa di dalam hidupnya. Neraka adalah mimpi buruk bagi setiap manusia yang berlumuran dosa. Dan mereka abadi didalamnya.
Bagi umat Islam setidaknya terdapat sepuluh aktivitas yang menjadi larangan utama. Adapun balasan bagi semua dosa hanyalah satu, yaitu siksa yang sangat pedih. Neraka adalah suatu lembah isolasi bagi mereka yang berdosa di dalam hidupnya. Neraka adalah mimpi buruk bagi setiap manusia yang berlumuran dosa. Dan mereka abadi didalamnya.
Syaikh 
 Al-Imam Al-Hafizh Syamsudin al-Dzahabi rahimahullah di dalam kitabnya  
Al-Kabaa’ir telah menyebutkan rating dosa-dosa di dalam agama Islam.  
Beliau memetakan urutan dosa-dosa yang utama tersebut sebagaimana  
deskripsi berikut ini: 
1. As-Syirku biLlah.
2. Membunuh Jiwa
3. Sihir
4. Meninggalkan Shalat.
5. Menahan Penunaian Zakat.
6. Tidak Berpuasa Ramadhan Tanpa Adanya Udzur.
7. Tidak Melakukan Haji dalam Kecukupan Harta.
8. Durhaka kepada Kedua Orang Tua.
9. Bersengketa dengan Kerabat.
10. Berzina.
2. Membunuh Jiwa
3. Sihir
4. Meninggalkan Shalat.
5. Menahan Penunaian Zakat.
6. Tidak Berpuasa Ramadhan Tanpa Adanya Udzur.
7. Tidak Melakukan Haji dalam Kecukupan Harta.
8. Durhaka kepada Kedua Orang Tua.
9. Bersengketa dengan Kerabat.
10. Berzina.
B. Penegasan Islam Tentang Zina
                     Ayat-ayat Al-Qur’an dibawah ini merupakan hukum yang menyatakan  
           secara  tegas bahwa islam mengharamkan zina.
1.            “(Ini
  adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan  
hukum-hukum yang ada di dalam)nya, dan Kami turunkan di dalamnya  
ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya”.(QS. An-Nur : 1)
2.            “Perempuan
  yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap 
seorang  dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan 
kepada  keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika 
kamu  beriman kepada Allah, dan hari akherat, dan hendaklah 
(pelaksanaan)  hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari 
orang-orang yang  beriman”.(QS. An-Nur : 2)
3.            “Laki-laki
  yang berzina tidak menikahi melainkan perempuan yang berzina, atau  
perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dinikahi  
melainkan oleh laki-laki yang berzina, atau laki-laki musyrik, dan yang 
 demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min” .(QS. An-Nur : 3)
4.            “Dan
  orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina)  
dan mereka tidak mendatangkan empat orang-orang saksi, maka deralah  
mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu  
terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah  
orang-orang yang fasik”.(QS. An-Nur : 4)
5.            “Sesungguhnya
  orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah 
lagi  beriman (berbuat zina), mereka kena la’nat di dunia dan akhirat, 
dan  bagi mereka azab yang besar”(QS. AN-Nur : 23)
6.            “Wanita-wanita
  yang tidak baik adalah untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki 
 yang tidak baik adalah buat wanita-wanita yang tidak baik (pula), dan  
wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki  
yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang di  
tuduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka. Bagi mereka  
ampunan dan rezki yang mulia (yaitu surga)” .(QS. An-Nur : 26)
7.            “Dan
  janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu  
perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk”.(QS. Al-Isra : 32)
           BAB II
PEMBAHASAN
A.         PENGERTIAN  
Zina (الزنا ) adalah persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang perempuan tanpa nikah yang sah mengikut hukum syarak (bukan pasangan suami isteri) dan kedua-duanya orang yang mukallaf, dan persetubuhan itu tidak termasuk dalam takrif (persetubuhan yang meragukan). Jika seorang lelaki melakukan persetubuhan dengan seorang perempuan, dan lelaki itu menyangka bahawa perempuan yang disetubuhinya itu ialah isterinya, sedangkan perempuan itu bukan isterinya atau lelaki tadi menyangka bahawa perkahwinannya dengan perempuan yang disetubuhinya itu sah mengikut hukum syarak, sedangkan sebenarnya perkahwinan mereka itu tidak sah, maka dalam kasus ini kedua-dua orang itu tidak boleh didakwa dibawah kes zina dan tidak boleh dikenakan hukuman hudud, kerana persetubuhan mereka itu adalah termasuk dalam wati’ subhah iaitu persetubuhan yang meragukan.
Mengikut peruntukan hukuman syarak yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadith yang dikuatkuasakan dalam undang-undang Qanun Jinayah Syar’iyyah bahawa orang yang melakukan perzinaan itu apabila sabit kesalahan di dalam mahkamah wajib dikenakan hukuman hudud, iaitu disebat sebanyak 100 kali sebat. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang bermaksud: “ Perempuan yang berzina dan lelaki yang berzina, hendaklah kamu sebat tiap-tiap seorang dari kedua-duanya 100 kali sebat, dan janganlah kamu dipengaruhi oleh perasaan belas kasihan terhadap keduanya dalam menjalankan hukum Agama Allah, jika benar kamu beriman kepada Allah dan hari Akhirat, dan hendaklah disaksikan hukuman siksa yang dikenakan kepada mereka itu oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman”. (Surah An- Nur ayat 2)
Zina (الزنا ) adalah persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang perempuan tanpa nikah yang sah mengikut hukum syarak (bukan pasangan suami isteri) dan kedua-duanya orang yang mukallaf, dan persetubuhan itu tidak termasuk dalam takrif (persetubuhan yang meragukan). Jika seorang lelaki melakukan persetubuhan dengan seorang perempuan, dan lelaki itu menyangka bahawa perempuan yang disetubuhinya itu ialah isterinya, sedangkan perempuan itu bukan isterinya atau lelaki tadi menyangka bahawa perkahwinannya dengan perempuan yang disetubuhinya itu sah mengikut hukum syarak, sedangkan sebenarnya perkahwinan mereka itu tidak sah, maka dalam kasus ini kedua-dua orang itu tidak boleh didakwa dibawah kes zina dan tidak boleh dikenakan hukuman hudud, kerana persetubuhan mereka itu adalah termasuk dalam wati’ subhah iaitu persetubuhan yang meragukan.
Mengikut peruntukan hukuman syarak yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadith yang dikuatkuasakan dalam undang-undang Qanun Jinayah Syar’iyyah bahawa orang yang melakukan perzinaan itu apabila sabit kesalahan di dalam mahkamah wajib dikenakan hukuman hudud, iaitu disebat sebanyak 100 kali sebat. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang bermaksud: “ Perempuan yang berzina dan lelaki yang berzina, hendaklah kamu sebat tiap-tiap seorang dari kedua-duanya 100 kali sebat, dan janganlah kamu dipengaruhi oleh perasaan belas kasihan terhadap keduanya dalam menjalankan hukum Agama Allah, jika benar kamu beriman kepada Allah dan hari Akhirat, dan hendaklah disaksikan hukuman siksa yang dikenakan kepada mereka itu oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman”. (Surah An- Nur ayat 2)
B.         PENGGOLONGAN     ZINA TERBAGI MENJADI DUA : 
1. ZINA MUHSAN
Yaitu lelaki atau perempuan yang telah pernah melakukan persetubuhan
Yaitu lelaki atau perempuan yang telah pernah melakukan persetubuhan
     yang halal   (sudah pernah menikah) .
     Perzinaan yang boleh dituduh dan didakwa dibawah kesalahan Zina Muhsan  
     ialah lelaki atau perempuan yang telah baligh, berakal, merdeka dan telah 
     pernah berkahwin, iaitu telah merasai kenikmatan persetubuhan secara 
     halal.
2. ZINA BUKAN MUHSAN
Yaitu lelaki atau perempuan yang belum pernah melakukan persetubuhan
2. ZINA BUKAN MUHSAN
Yaitu lelaki atau perempuan yang belum pernah melakukan persetubuhan
     yang halal  (belum pernah menikah).
Penzinaan yang tidak cukup syarat-syarat yang disebutkan bagi perkara diatas
Penzinaan yang tidak cukup syarat-syarat yang disebutkan bagi perkara diatas
     tidak boleh dituduh dan didakwa dibawah kesalahan zina muhsan, tetapi 
     mereka itu boleh dituduh dan didakwa dibawah kesalahan zina bukan 
     muhsan mengikut syarat-syarat yang dikehendaki oleh hukum syarak. 
C.         HUKUMAN BAGI ORANG YANG MELAKUKAN ZINA
1.         Seseorang
  yang melakukan zina Muhsan, sama ada lelaki atau perempuan wajib  
dikenakan keatas mereka hukuman had (rejam) Yaitu dibaling dengan batu  
yang sederhana besarnya hingga mati. Sebagaimana yang dinyatakan di  
dalam kitab I’anah Al- Thalibin juzuk 2 muka surat 146 yang bermaksud :
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina muhsan wajib dikenakan keatas mereka had (rejam), iaitu dibaling dengan batu yang sederhana besarnya sehingga mati ””.
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina muhsan wajib dikenakan keatas mereka had (rejam), iaitu dibaling dengan batu yang sederhana besarnya sehingga mati ””.
2.          Seseorang
  yang melakukan zina bukan muhsan sama ada lelaki atau perempuan wajib 
 dikenakan ke atas mereka hukuman sebat 100 kali sebat/cambuk dan di  
buang keluar negeri/diasingkan selama setahun sebagaimana terdapat di  
dalam kitab Kifayatul Ahyar juzuk 2 muka surat 178 yang bermaksud :
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina bukan muhsin wajib dikenakan keatas mereka sebat 100 kali sebat dan buang negeri selama setahun””.
“”Lelaki atau perempuan yang melakukan zina bukan muhsin wajib dikenakan keatas mereka sebat 100 kali sebat dan buang negeri selama setahun””.
3.          Perempuan-perempuan
 yang dirogol atau diperkosa oleh lelaki yang melakukan perzinaan dan 
telah dukung dengan bukti –bukti yang  diperlukan oleh hakim dan tidak 
menimbulkan sebarang keraguan dipihak  hakim bahawa perempuan itu 
dirogol dan diperkosa, maka dalam kasus ini  perempuan itu tidak boleh 
dijatuhkan dan dikenakan hukuman hudud,dan ia  tidak berdosa dengan 
sebab perzinaan itu.
4.          Lelaki
 yang merogol atau memperkosa perempuan melakukan perzinaan dan telah 
ditetapkan kesalahannya dengan bukti – bukti dan keterangan yang  
dikehendaki oleh hakim tanpa menimbulkan keraguan dipihak hakim, maka  
hakim hendaklah menjatuhkan hukuman hudud keatas lelaki yang merogol  
perempuan itu, iaitu wajib dijatuhkan dan dikenakan ke atas lelaki itu  
hukuman rejam dan sebat. 
5.          Perempuan-perempuan
  yang telah disebutkan oleh hakim bahawa ia adalah dirogol dan 
diperkosa  oleh lelaki melakukan perzinaan, maka hakim hendaklah 
membebaskan  perempuan itu dari hukuman hudud (tidak boleh direjam dan 
disebat) dan  Allah mengampunkan dosa perempuan itu di atas perzinaan 
secara paksa  itu.
D.      PERMASALAHAN ZINA DI SEKITAR KITA
          Media  elektronik seperti 
televisi, internet, CD player, komputer dan  sebagainya termasuk menjadi
 sebab utama krisis moral bangsa ini.  Teknologi telah disalah gunakan. 
Pornografi dan pornoaksi sangat mudah  diakses di internet. Tontonan 
film dan sinetron yang tidak syar’i dan  tidak mendidik menghiasi chanel
 televisi kita. VCD/DVD porno beredar  dimana-mana. 
           Menjamurnya  buku dan bacaan 
cabul sangat efektif menghancurkan moral pembacanya,  baik novel, komik,
 maupun majalah yang mengandung pornografi dan  pornoaksi. Semua sarana 
ini menjurus terjadinya zina.
           Pergaulan  bebas di sepanjang
 jalan protokol ibu kota negeri syariat dengan dalih  makan burger ikut 
mewarnai maksiat malam di lingkungan kita. Kafe-kafe  yang menjamur 
tanpa ada pemisahan tempat duduk antara laki-laki dan  perempuan yang 
non muhrim. Sementara Pemerintah hanya diam saja menjadi  penonton 
budiman tanpa ada tindakan tegas, seakan “mengamini” kondisi  maksiat 
ini.
            Tidak  peduli, baik pelaku 
zina itu berstatus suami atau istri, mahasiswa,  pejabat, dan 
sebagainya. Perbuatan zina nekad dilakukan hanya untuk  memuaskan nafsu 
birahi sesaat. Anehnya, pelaku maksiat ini masih  berkeliaran di sekitar
 kita dengan tenang tanpa ada sanksi yang tegas  terhadap mereka. Dengan
 dalih suka sama suka, merekapun terbebas dari  jeratan hukum KUHP yang 
merupakan produk hukum kolonial Belanda.
             Hal  ini dapat berefek 
negatif terhadap imej orang luar tentang penerapan  syariat itu sendiri,
 dan membuka celah bagi orang “anti syariat” untuk  menyerang syariat. 
Padahal yang salah adalah oknum (orang)nya, bukan  sistem syariat yang 
berorientasi mendatangkan kemaslahatan bagi manusia  dan menghilangkan 
kemudharatan dalam konteks individu maupun sosial.
E.       PENYEBAB MARAKNYA ZINA
              Banyak faktor yang 
menyebabkan maksiat ini “tumbuh subur” di negeri kita  ini.  Faktor yang
 utama adalah lemahnya Iman masyarakat saat ini. Krisis iman  ini 
disebabkan kita telah jauh dari pendidikan dan pengamalan  nilai-nilai 
Islam. Pendidikan kita selama ini, sejak usia dini sampai  tingkat 
universitas telah membentuk paradigma bahwa dunia adalah  
segala-galanya, tanpa ada prioritas terhadap agama (iman) dan moral  
(akhlak). Kita dididik untuk berlomba-lomba mengejar kemewahan dunia  
(harta, pangkat dan jabatan). Padahal Allah Swt telah mengingatkan kita:
“Dan  apa saja (kekayaan, jabatan dan
 keturunan) yang diberikan kepadamu,  maka itu adalah kesenangan hidup 
duniawi dan perhiasannya, sedang apa  yang di sisi Allah adalah lebih 
baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu  mengerti? (QS. Al-Qashah: 60).
               Selain  itu, 
faktor media elektronik seperti televisi, internet, CD player,  komputer
 dan sebagainya termasuk menjadi sebab utama krisis moral bangsa  ini. 
Teknologi telah disalah gunakan. Pornografi dan pornoaksi sangat  mudah 
diakses di internet. Tontonan film dan sinetron yang tidak syar’i  dan 
tidak mendidik menghiasi chanel televisi kita. Begitu juga VCD/DVD  
porno beredar dimana-mana. Media cetakpun memberi andil yang besar  
terhadap pemikiran dan moral pembaca. Menjamurnya buku dan bacaan cabul 
 sangat efektif menghancurkan moral pembacanya, baik novel, komik, 
maupun  majalah yang mengandung pornografi dan pornoaksi. Semua sarana 
ini  menjurus terjadinya zina.
              Selain  itu, kita sendiri 
telah memberikan peluang untuk maksiat ini. Kita  membiarkan remaja kita
 (yang belum menikah) berkhalwat dengan pacaran,  jalan dua-duaan, dan 
berboncengan motor. Pergaulan bebas di sepanjang  jalan protokol ibu 
kota negeri syariat dengan dalih makan burger ikut  mewarnai maksiat 
malam di negeri ini. Kafe-kafe yang menjamur tanpa ada  pemisahan tempat
 duduk antara laki-laki dan perempuan yang non muhrim.  Pakaian para 
wanita pun mengundang birahi lawan jenisnya (ketat, tipis  dan nampak 
aurat). Sementara Pemerintah hanya diam saja menjadi penonton  budiman 
tanpa ada tindakan tegas, seakan “mengamini” kondisi maksiat  ini.
F.       SOLUSI PERMASALAHAN ZINA.
            Islam  adalah agama 
fitrah yang mengakui keberadaan naluri seksual. Di dalam  Islam, 
pernikahan merupakan bentuk penyaluran naluri seks yang dapat  
membentengi seorang muslim dari jurang kenistaan. Maka, dalam masalah  
ini nikah adalah solusi jitu yang ditawarkan oleh Rasulullah saw sejak  
14 abad yang lampau bagi gadis/perjaka.
           Selain  itu, penerapan 
syariat Islam merupakan solusi terhadap berbagai  problematika moral ini
 dan penyakit sosial lainnya. Karena seandainya  syariat ini diterapkan 
secara kaffah (menyeluruh dalam segala aspek  kehidupan manusia) dan 
sungguh-sungguh, maka sudah dapat dipastikan  tingkat maksiat khalwat, 
zina, pemerkosaan dan kriminal lainnya akan  berkurang drastic, seperti 
halnya di Arab Saudi. Survei membuktikan,  kasus kriminal di Arab Saudi 
paling sedikit di dunia. 
            Orang  tua pun sangat 
berperan dalam pembentukan moral anaknya dengan memberi  pemahaman dan 
pendidikan islami terhadap mereka. Orang tua hendaknya  menutup peluang 
dan ruang gerak untuk maksiat ini dengan menyuruh anak  gadisnya untuk 
berpakaian syar’i (tidak ketat, tipis, nampak aurat dan  menyerupai 
lawan jenis). Memberi pemahaman akan bahaya pacaran dan  pergaulan 
bebas. Dalam konteks kehidupan masyarakat, tokoh masyarakat  dapat 
memberikan sanksi tegas terhadap pelaku zina sebagai preventif  
(pencegahan). Jangan terlalu cepat menempuh jalur damai “nikah”, sebelum
  ada sanksi secara adat, seperti menggiring pelaku zina ke seluruh  
kampung untuk dipertontonkan dan sebagainya. Selain itu, majelis ta’lim 
 dan ceramah pula sangat berperan dalam mendidik moral masyarakat dan  
membimbing mereka.
               Begitu  pula sekolah, 
dayah dan kampus sebagai tempat pendidikan secara formal  dan informal 
mempunyai peran dalam pembentukan moral pelajar/mahasiwa.  Dengan 
diajarkan mata pelajaran Tauhid, Al-Quran, Hadits dan Akhlak  secara 
komprehensif dan berkesinambungan, maka para pelajar/mahasiswa  
diharapkan tidak hanya menjadi seorang muslim yang cerdas  
intelektualnya, namun juga cerdas moralnya (akhlaknya).
              Peran  Pemerintah dalam 
amal ma’ruf nahi munkar mesti dilakukan. Pemerintah  diharapkan 
mengawasi dan menertibkan warnet-warnet, salon-salon,  kafe-kafe dan  
pasangan non-muhrim yang berboncengan. Karena, bisa  memberi celah dan 
ruang untuk maksiat ini. Mesti ada tindak pemblokiran  situs-situs porno
 sebagaimana yang diterapkan di Negara Islam lainnya  seperti Arab 
Saudi, Iran, Malaysia dan sebagainya.  
            Pemerintah  hendaknya 
bersungguh menegakkan syariat Islam di Bumi Serambi Mekkah  ini, dengan 
membuat Qanun-Qanun yang islami, khususnya Qanun Jinayat  (hukum pidana)
 dengan sanksi yang tegas, demi terciptanya keamanan,  kenyamanan dan 
ketentraman di negeri ini. Di samping itu, konsep  pendidikan Islami 
mesti segera dirumuskan dan diterapkan. Sebagai solusi  atas kegagalan 
dan kelemahan sistim pendidikan selama ini yang tidak  mendidik moral 
generasi bangsa. Tidak ada pilihan lain, pendidikan  Islami sudah 
menjadi pilihan dan priotitas seperti yang diamanatkan  dalam renstra 
Qanun pendidikan untuk segera diterapkan dan juga  merupakan solusi 
terhadap permasalahan moral generasi bangsa
BAB III
                                                               KESIMPULAN
1.       Dalam agama islam  Allah
  SWT telah menjanjikan dua hal sebagai balasan atas apapun yang menjadi
  tindakan umat manusia. Pahala (balasan baik) adalah bagi mereka yang  
beramal shalih. Dan dosa (balasan buruk) akan berbuah siksa bagi mereka 
 yang melakukan tindak kemaksiatan. 
2.       Di dalam al-qur’an  Allah SWT banyak berfirman dan menjelaskan tentang larangan zina.
3.       Zina
  adalah  persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang
  perempuan tanpa nikah yang sah menurut hukum islam. Zina dibagi dua  
yaitu zina muhsan dan bukan muhsan.
4.       Seseorang
  yang melakukan zina Muhsan, wajib dikenakan keatas mereka hukuman had 
 (rejam) Yaitu dilempar dengan batu yang sederhana besarnya hingga  
mati,sedangkan yang bukan muhsan harus di cambuk sebanyak seratus kali  
cambukan.
5.       Faktor utama maraknya zina adalah lemah iman di Negara kita ini, serta pengaruh kemajuan teknologi.
6.       Cara
  mencegah zina yang paling utama adalah menyegrakan menikah bagi yang  
sudah mampu,serta dengan mengembangkan syariat islam di negeri ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://alislamu.com/content/view/326/22/
http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/1673.pdf
http://www.icrawl.org/4319731991-pengertian-dan-hukum-zina
http://www.harian-aceh.com/fokus/1824-maraknya-zina-di-negeri-syariat.html
Prof.Dr.M.Mutawalli Asy-Sya’rawi. 2000. Dosa Dosa Besar . gema insane press. Jakarta.
USt. Drs. Moh. Saifulloh Al Aziz S.  2002. Fiqih Islam Lengkap pedoman hukum ibadah umat islam dengan berbagai permasalahannya.  Terbit terang. Surabaya

Tidak ada komentar:
Posting Komentar