BAB I
PENDAHULUAN
1.  Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini kita semakin dituntut untuk menguasai 
teknologi dalam segala bidang agar kita tidak ketinggalan dan dapat 
bersaing dalam dunia kerja. Pengolahan data secara manual  
perlahan-lahan telah digantikan oleh pengolahan data secara elektronik, 
yang dalam hal ini adalah computer. Microsoft Word dan Excel merupakan 
aplikasi yang digunakan untuk mengolah data baik yang berupa data maupun
 angka. Dengan mempelajari Word dan Excel kita dapat mengolah dokumen 
sehingga terorganisir dengan baik. Selain itu, kita juga dapat berkreasi
 sesuai dengan keinginan kita.
2. Rumusan Masalah
a. Bagaimana Lingkungan Kerja Microsoft Word 2007 ?
b. Bagaimana mengoperasikan Microsoft Word 2007 ?
c. Bagaimana Lingkungan Kerja Microsoft Excel 2007 ?
d. Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel 2007?
3. Tujuan Pembahasan
1.  Agar kita dapat mengenal Microsoft Word dan Excel 2007.
2.  Agar kita dapat mengoperasikan Microsot Word dan Excel 2007.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Bagaimana Lingkungan kerja Microsoft Word 2007
Microsoft word merupakan program untuk mengolah 
kata. Proram ini biasa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya 
tulis , skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word 
dapat juga digunakan untuk bekerja dengan table, m,enulis teks dengan  
kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.
Secara default, tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas
 tab, grup, tombol perintah, area kerja, scroll bar, tombol office, 
toolbar quick access, control box, dan title bar.
1. Tab, merupakan pengganti menu bar pada edisi excel sebelumnya. Tab
 merupakan grup-grup yang dikelompokan berdasarkan kedekatan fungsinya.
2. Grup, merupakan pengganti toolbar dan terletak dibawah  tab. Grup 
berisi tombol perintah (command button) yang berfungsi serperti 
ikon-ikon di tool bar di excel versi sebelumnya.
3. Tombol perintah, yaitu tombol-tombol didalam grup , berfungsi melakukan tindakan tertentu untuk di excel 2007
4. Control box yaitu tombol-tombol yang berfungsi mengetur perilaku 
jendela. Anda bias melakukan perbesaran maximize/restore, minimize 
ataupun close.
5. Title bar, menampilkan nama workbook yang sedang terbuka. Apabila 
workbook belum pernah disimpan maka tulisan yang ditampilkan adalah 
“book + nomor” seperti “book1” atau “book2” dan seterusnya.
B.Bagaimana Menggunakan Microsoft Word 2007
1.  Membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen
Untuk membuka dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Klik Office button, klik New. Sehingga muncul jendela new dokumen. Klik blank and recent pada kotak templates. Klik create.
 - Atau klik pada tab insert, sehingga akan muncul grup-grup. Klik blank page pada group pages.
 
MAKALAH INI DI LENGKAPI DENGAN GAMBAR AGAR MUDAH DIPAHAMI

Tidak ada komentar:
Posting Komentar